GIG Fiber Internet Raih Indonesia Prestige Brand Award 2018

JAKARTA, 25 Januari 2018 – GIG Home Fiber Internet, produk dari PT Indosat Mega Media (INDOSATM2), meraih penghargaan dalam Indonesia Prestige Brand Award 2018 untuk kategori TOP 5 Prestige Brand in Internet Service Provider dari Warta Ekonomi.

GIG Home Fiber Internet dinilai merupakan salah satu merek yang memiliki prestige terbaik di industri telekomunikasi selama tahun 2017. Salah satu ukuran merek dengan prestige terbaik adalah produk dan jasa memiliki ekuitas merek tinggi mulai dari pengenalan merek, pembelian, sampai loyalitas konsumen yang tinggi.

“Kami sangat mengapresiasi penghargaan ini.  Ini menjadi bukti bahwa GIG Home Fiber Internet merupakan merek terbaik yang terus ada di hati pelanggan. Raihan ini tentunya tidak lepas dari dukungan seluruh karyawan, rekan bisnis, pelanggan dan stakeholders yang mendorong konsistensi INDOSATM2 untuk terus memberikan layanan internet terbaik serta memenuhi ekspektasi kebutuhan konsumen,” kata Hari Sukmono Direktur Utama INDOSATM2.

Proses penilaian Indonesia Prestige Brand Award dilakukan melalui metode kuantitatif dengan teknik riset online survey melalui Jajak pendapat (JAKPAT) dengan kumulatif jumlah responden sebanyak 16.000 responden. Responden merupakan konsumen barang dan jasa disetiap sub kategori produknya yang diseleksi berdasarkan kriteria tertentu. Survey ini dilakukan pada pengguna social media di seluruh indonesia yang masuk dalam panel book dan terintegrasi dalam mobile app Jakpat.

“Kepuasan konsumen merupakan prioritas bagi kami.  Karenanya, capaian ini merupakan cambuk untuk memberikan layanan yang lebih baik lagi di masa depan,” sambungnya.

Proses penentuan merek-merek dalam Indonesia Prestige Brand Award 2018 dilakukan berdasarkan konsep ekuitas merek. Ekuitas merek adalah seperangkat aset dan liabilitas merek yang berkaitan dengan suatu merek, nama dan simbolnya, yang menambah atau mengurangi nilai yang diberikan oleh suatu barang atau jasa kepada perusahaan atau pelanggan. Penilaian dilakukan dengan mengukur pengenalan merek, pembelian produk, persepsi kualitas, loyalitas, serta net promoter score.

Indonesia Prestige Brand Award 2018 merupakan penghargaan yang diselenggarakan oleh Warta Ekonomi untuk tahun ke-2. Pada tahun ini, Warta Ekonomi menetapkan 10 kategori besar industri barang dan jasa yang menjadi obyek riset merk prestise 2018, yakni telekomunikasi, makanan dan minuman, ritel, farmasi, otomotif, elektronik rumah tangga, transportasi, bank, asuransi, dan multifinance.

Menurut Muhamad Ihsan, CEO dan Chief Editor Warta Ekonomi, merek-merek pemimpin pasar adalah mereka yang selalu melakukan inovasi dan terobosan baru yang memberikan nilai tambah ke konsumen. Pemegang merek harus selalu mempertahankan dan meningkatkan bagian pasarnya (market share) agar mampu bersaing dan meningkatkan kinerja penjualan produk atau jasa mereka. “Pasar persaingan industri barang dan jasa pada saat ini semakin ketat. Karena itu perlu upaya untuk mempertahankan dan meningkatkan ekuitas merek,” paparnya.

Untuk mencapai hal tersebut, diperlukan serangkaian kegiatan panjang mulai proses pengenalan merek, pembelian produk dan membangun loyalitas konsumen. Semakin besar pengenalan suatu merek (brand awareness) semakin besar pula kemungkinannya untuk dibeli konsumen. Apabila persepsi kualitas dan jasa yang diberikan dimata konsumen semakin tinggi maka semakin tinggi pula peluang loyalitasnya pada produk atau jasa tersebut.

GIG Home Fiber Internet merupakan brand dari layanan internet berbasiskan fiber optic dari PT Indosat Mega Media (INDOSATM2), anak usaha Indosat Ooredoo. Dalam waktu yang cukup singkat, GIG telah dikenal konsumen secara luas sebagai salah satu layanan Fiber To The Home (FTTH) yang terdepan. GIG menawarkan layanan Home Internet Giga Fiber dengan kecepatan yang mampu mencapai 1 Gbps.(*)